Panduan Mengkoneksikan ESP32 dan Sensor DHT22 dengan AWS IoT Core dan Node-RED Menggunakan Protokol MQTT

Panduan Mengkoneksikan ESP32 dan Sensor DHT22 dengan AWS IoT Core dan Node-RED Menggunakan Protokol MQTT

Setting pada AWS IoT Core

Cari keyword IoT pada console, lalu pilih IoT Core. Pada menu Manage->All Devices, pilih menu Things. Klik Create things. Pilih Create single thing, lalu klik Next. Namai pada Thing name dengan ESP32_DHT22. Biarkan semua setting lain pada settingan default, lalu klik Next. Pada bagian Device certificate, pilih Auto-generate a new certificate (recommended), lalu klik Next. Pada halaman berikutnya mengenai Attach policies to certificate, klik Create policy, yang akan terbuka di tab baru. Isikan Policy name dengan ESP32_Policy, dan tambahkan setting berikut (Policy action yang dibutuhkan adalah Connect, Publish, Receive, dan Subscribe, dengan Policy resource semuanya diisi asterisk (*)):

Klik Create, lalu kembali ke tab sebelumnya, pastikan pada Attach policies to certificate.. telah berisi ESP32_Policy. Centang policy tersebut, lalu Create Thing.

Download certificate dan key pada layar berikutnya, simpan di HDD/SSD dengan nama yang Anda sesuaikan sendiri agar mudah mencarinya. Untuk kemudahan nanti saat meng-copy isinya, kita bisa me-rename file-file tersebut menjadi .txt

Berikut adalah contoh folder berisi certificate yang sudah kita download:

Catatan:

Meskipun Public Key nantinya tidak kita perlukan, untuk bisa mengklik Done, AWS mengharuskan kita mendownloadnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *