Contoh Pengerjaan Soal UKK SMK RPL Paket 2 Tahun 2023

Contoh Pengerjaan Soal UKK SMK RPL Paket 2 Tahun 2023

Persiapan Server Platform

Tahap persiapan ini diperlukan jika lingkungan pengembangan Anda belum sesuai dengan kebutuhan pengembangan di Laravel 9, atau masih menggunakan platform server lain semisal XAMPP atau Laragon 5. Jika masih ada XAMPP yang terinstall, cukup pastikan semua service (Apache, MariaDB, FileZilla Server) di-uninstall, dan di-stop melalui XAMPP Control Panel (jalankan sebagai Administrator). Selain itu, hapus path menuju ke PHP (dan Composer, jika ada) dari User dan System Environment Variables. Untuk memastikan semua path untuk PHP dan Composer sudah sesuai, cek dengan menjalankan perintah php -v dan composer -V di Command Prompt atau terminal milik VSCode. Untuk mengecek versi npm, yang digunakan adalah npm –version

PERHATIAN: Setiap kali Anda selesai mengubah setting Environment Variables, pastikan Anda menutup semua aplikasi terminal yang ada (cmd, powershell, cmder, git bash, termasuk juga VSCode), lalu buka kembali untuk mengecek berhasil tidaknya pengubahan setting path yang sudah dilakukan.

Pada bawaan Laragon 6, versi yang muncul (saat artikel ini dibuat) adalah php 8.1.10, composer 2.4.1, dan npm 8.18.0. Setting ini sudah memenuhi saat kita ingin mengerjakan project menggunakan Laravel 9.

Instalasi dan setting Laragon 6

Unduh Laragon 6 (Full version) menggunakan setting bahasa “English”, lalu lakukan instalasi Laragon 6 seperti biasa, dengan semua setting diaktifkan.

Setelah instalasi dan reboot, masuk ke bagian preferensi, lalu aktifkan setting berikut agar nantinya Anda tidak perlu menjalankan semua layanan yang diperlukan di Laragon secara manual setiap kali akan memulai bekerja:

Pastikan Anda memilih Allow Access saat ada konfirmasi dari Windows Firewall menanyakan akses bagi Apache dan mysqld, ketika Start All diklik untuk pertama kalinya.

Penambahan Laragon ke Path

Pada framework Laravel, penggunaan command line interface merupakan suatu keharusan, dan akan mengotomasi banyak hal. Untuk itu kita harus memastikan path ke php, composer, npm, dan sebagainya sudah diset dengan baik. Untuk menambahkan setting ini kita tidak perlu membuka setting Environment Variables, namun cukup menggunakan menu yang Ada pada Laragon (Tools->Path->Add Laragon to Path):

Penambahan Opsi Laravel 9 pada Quick App

Secara default, saat Laragon 6 dirilis (September 2022), opsi Quick app untuk Laravel akan memilih versi Laravel terbaru saat itu (versi 9). Namun sejak dirilisnya Laravel 10 pada tanggal 14 Februari 2023 yang lalu, menu Quick app akan otomatis menginstallkan Laravel 10, dan saat ini sepertinya masih belum compatible dengan komponen Datatables yang akan kita gunakan, serta beberapa perubahan yang mungkin belum sesuai dengan langkah-langkah yang ada pada artikel ini. Untuk menambahkan menu instalasi Laravel 9, buka menu Quick app -> Configuration.. pada Laragon, lalu tambahkan baris berikut di bawah entry untuk “Laravel=…”:

Laravel 9=composer create-project laravel/laravel:^9.* %s --prefer-dist

Sehingga isi file konfigurasi menjadi seperti ini:

Setting 9.* tersebut memberitahukan kepada composer untuk menggunakan versi major 9, dengan versi minor terbaru. Simpan, lalu tutup editor. Kini, menu Quick app seharusnya sudah menyediakan pilihan untuk menginstall Laravel 9.

Penambahan phpMyAdmin ke Laragon 6

Salah satu faktor yang mungkin membuat beberapa orang sulit berpaling dari XAMPP dan mulai menggunakan Laragon adalah tidak tersedianya phpMyAdmin secara default, dan menyediakan HeidiSQL sebagai aplikasi antarmuka pengelola basis data bawaan, saat kita mengklik tombol “Database” di Laragon. Padahal, di Laragon 6, untuk menggantinya dengan phpMyAdmin caranya sangat mudah, yaitu dengan mengakses menu Tools->Quick add->*phpmyadmin:

Langkah tersebut akan membantu mengunduh phpMyAdmin versi terbaru dari situs resminya, menambahkan setting yang diperlukan, hingga menggantikan tombol “Database” dari HeidiSQL ke phpMyAdmin. Nantinya, phpMyAdmin hanya akan sedikit kita gunakan pada contoh pengerjaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *