Menyiapkan Lingkungan Pemrograman C/C++ Menggunakan Visual Studio Code (VSCode)

Menyiapkan Lingkungan Pemrograman C/C++ Menggunakan Visual Studio Code (VSCode)

Pembuatan Program Hello, World! Menggunakan C/C++ di VSCode

Hello, World! merupakan tradisi programmer saat mencoba bahasa pemrograman yang baru dipelajari. Untuk membuat program menggunakan C/C++ di VSCode, Anda sebaiknya memulai dari Open Folder, lalu pilih folder yang akan Anda gunakan untuk menyimpan seluruh file-file latihan selama belajar C/C++. Saya sendiri menggunakan folder D:\Projects\CPP untuk menempatkan seluruh file kode sumber yang saya gunakan untuk mengajar pemrograman dasar C++. Jika pada saat Anda baru menambahkan folder VSCode menanyakan untuk mempercayai (trust) folder yang Anda gunakan seperti contoh berikut, Anda cukup mengklik “Yes, I trust the authors”, maka berikutnya VSCode tidak akan menanyakannya lagi:

Berikutnya, pada folder yang sudah terbuka di tampilan “Explorer” milik VSCode, klik tombol “New File..” dan buatlah file bernama hello.c, lalu isikan kode berikut:

#include <stdio.h>

int main() {
    printf("Hello, World!");
    return 0;
}

Jalankan program dengan menekan tombol F6 (bawaan dari Extension C++ Compile Run), maka hasil eksekusi program akan tampil pada bagian Terminal di bagian bawah, seperti ini (tergantung setting default terminal yang digunakan, PowerShell atau CMD, tampilannya bisa agak berbeda, namun bisa diabaikan):

Untuk “Hello, World!” menggunakan C++, Anda perlu menamai filenya menggunakan ekstensi .cpp (misal: hello.cpp), gunakan kode berikut ini, lalu untuk menjalankannya juga sama-sama menggunakan tombol F6:

#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
    cout << "Hello, World!" << endl;
    return 0;
}

Pada contoh berikut, selain ditunjukkan contoh eksekusi program dalam bahasa C++, pada sisi kiri juga dicontohkan pengorganisasian tiap file program ke dalam folder-folder terpisah sesuai topik yang sedang dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *