Menyiapkan Lingkungan Pemrograman C/C++ Menggunakan Visual Studio Code (VSCode)

Menyiapkan Lingkungan Pemrograman C/C++ Menggunakan Visual Studio Code (VSCode)

Penyiapan MinGW-w64

MinGW-w64 merupakan lingkungan pengembangan dan perangkat kompilasi aplikasi sumber terbuka dan gratis (free and open source) yang membantu kita membangun aplikasi di sistem operasi Microsoft Windows. MinGW-w64 memungkinkan pengembang mengkompilasi aplikasi (termasuk dalam bahasa pemrograman C/C++) tanpa tergantung dengan compiler proprietary seperti MSVC compiler dan semacamnya.

MinGW-w64 dapat diunduh pada laman https://sourceforge.net/projects/mingw-w64/files/ . Pada contoh kita saat ini, kita gunakan pilihan x86_64-posix-sjlj untuk diunduh.

Tips: jika mirror default yang dipilihkan oleh SourceForge terlalu lambat kecepatan unduhnya, silakan klik tombol "Problems Downloading?", lalu pilih mirror lain, misalnya OnboardCloud. Kemudian, karena format file yang digunakan adalah .7z, Anda juga membutuhkan aplikasi WinRAR atau 7Zip untuk membuka berkas yang sudah diunduh nantinya. 

Setelah selesai diunduh, mekarkan (extract) folder yang ada di dalam arsip 7z ke drive C: secara langsung, sehingga tercipta path C:\mingw64

Selanjutnya, kita perlu menambahkan folder binary milik MinGW64 ke dalam path milik Windows, agar dapat diakses melalui command prompt dan terminal milik Visual Studio Code saat kompilasi program. Caranya adalah dengan membuka setting Environment Variables, bisa dengan mengetikkan kata kunci “env” pada Start Menu Windows, lalu pilih “Edit the system environment variables”. Selengkapnya, dapat dicermati pada langkah-langkah yang diilustrasikan pada galeri di bawah ini:

Untuk menguji coba berhasil tidaknya kita menambahkan path pada langkah sebelumnya, silakan buka Command Prompt, lalu ketikkan:

gcc -v

Seharusnya kita dapatkan output semacam ini. Jika belum, teliti kembali langkah penambahan path pada bagian sebelumnya:

Sedangkan jika tampilannya masih seperti ini, artinya setting penambahan path masih salah, atau Anda perlu untuk menutup dan membuka ulang Command Prompt setelah pengeditan path:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *