Cara Menulis Esai

Cara Menulis Esai


Apa sih yang dimaksud dengan esai?  Esai menurut KBBI adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya.
Lalu, bagaimana cara mudah untuk menulis esai. Berikut ini akan disajikan langkah-langkah menulis esai.

  1. Menentukan Tema/Topik

Apabila tidak ada tema/topik yang ditentukan untuk ditulis, maka kita bisa memilihnya secara bebas. Karena kita bebas memilih, maka akan banyak pilihan bermunculan atau justru tidak ada ide satu pun yang uncul karena kita bingung dalam menentukannya sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan agar kita memilih tema/topik yang menarik perhatian kita, yang kita sukai, atau yang kita kuasai dan pahami. Sehingga, kita akan lebih mudah membuat kerangka tulisan karena kita tahu apa saja yang akan kita tulis dalam esai tersebut.

  1. Menentukan tujuan tulisan

Hal ini cukup penting untuk diperhatikan agar tulisan kita menjadi lebih terarah dan dan fokus. Apabila kita telah mengetahui tujuan dari menulis esai tersebut tentu akan memudahkan kita dalam membuat argumen atau detil informasi yang akan disajikan.

  1. Merumuskan masalah dan gagasan

Merumuskan masalah artinya kita menganalisa isu apa yang akan diangkat dalam tema/topic yang akan kita tulis. Merumuskan gagasan artinya kita membuat opini atau pandangan-pandangan kita tentang isu yang diangkat.

  1. Research (Penelitian)

Agar tulisan kita dapat meyakinkan pembaca, lakukanlah riset dengan mencari data atau fakta yang dapat mendukung opini yang kita bangun dalam esai. Sumbernya bisa berasal dari media cetak atau elektronik, buku, tinjauan langsung atau observasi, dan lain-lain.

  1. Membuat Outline (Kerangka)

Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita menulis esai sehingga esai koheren dan kita tidak keluar jalur dari topik yang dibahas. Selain itu, kerangka digunakan untuk membuat tulisan menjadi terorganisir dengan menyusun opini dan data ke dalam satu kesatuan.

  1. Menulis Essai

Tulislah esai berdasarkan kerangka yang telah dibuat. Ikutilah struktur dalam penulisan esai. Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya esai terdiri dari pendahuluan, pembahasan, dan penutup/kesimpulan.

  1. Mengevaluasi esai yang telah ditulis

Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah esai yang kita tulis sudah baik, yaitu dengan memeriksa apakah ide-ide yang ditulis koheren, apakah diksi yang digunakan tepat, apakah kalimat yang digunakan efektif, dan lain-lain. Hal yang diperiksa berkaitan dengan mekanis dan isi dari esai.

Sumber: http://kakakpintar.com/cara-membuat-esai-dan-contoh-esai-tentang-pendidikan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *