TIP SUKSES UNBK BAHASA INGGRIS SMK TAHUN 2017

Image result for belajar bahasa inggris

Tips Persiapan Belajar UN Bahasa Inggris SMK

Hi Guys, artikel kali ini saya tulis khusus buat kelas 12 SMK yang beberapa bulan lagi bakal nempuh Ujian Nasional SMK Bahasa Inggris 2017. So, apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk UN? Berikut sedikit tips belajar dari saya..

Pertama, sebelum mulai belajar, Kalian sebaiknya ketahui dulu tipe soal apa yang nanti akan kalian hadapi. Tipe soal bahasa Inggris di UN SMK nanti terdiri dari:

  • 15 soal listening
  • 30 soal reading (teks panjang ataupun pendek)
  • 5 soal writing (ini sebenernya pilihan ganda sih, bukan nulis essay)

Nah, berikut di bawah ini, saya akan bahas setiap tipe soal yang nanti Kalian akan hadapi. Oh iya, udah tau beKalianm kaKalian pemerintah tuh ngasih Kalian kisi-kisi buat soal UN nanti? Nama kisi-kisinya itu SKL-Standar Kompetensi Lulusan. Nah, sejak tahun 2013 sampai sekarang SKL yang dipakai pemerintah itu-itu aja, gak pernah ganti-ganti. Jadi untuk UN SMK 2017, kita akan berpatokan pada SKL pemerintah yang sama persis dengan tahun-tahun sebelumnya. Yuk langsung aja kita mulai kupas setiap SKL-nya.

Reading dalam UN SMK Bahasa Inggris

Sebelum dibahas, yuk kita lihat dulu SKL untuk reading Bahasa Inggris. Di bawah ini, Saya tampilin point nomer 2 untuk kategori reading.

Sengaja nih reading saya taro yang pertama. Soalnya, sebagian besar soal Bahasa Inggris di UN SMK (dan SBMPTN juga :D) itu bentuknya begini.

1. Perkuat kemampuan dasar dulu: grammar dan vocab.

Maksudnya adalah Kalian harus khatam grammar dan nSayasain vocabulary yang tingkatnya lebih tinggi. Percaya gak kaKalian ada siswa yang kesulitan UN, selalu aja ternyata dasar Bahasa Inggrisnya lemah. Nggak pernah ada cerita orang yang dasar Bahasa Inggrisnya bagus tapi susah ngerjain UN. Coba deh, lihat artikel saya sebelumnya tentang persiapan UN bahasa inggris and beyond untuk ngebantu belajar dasar dalam reading.

Coba, gimana caranya Kalian bisa baca bahasa Inggris kalau nggak bisa ngerti itu benda apaan yang dimaksud, gak ngerti dia ngomong apaan? Nah maka dari itu bacanya jadi gak lancar dong. Nggak rugi kok kalau kita belajar dari dasarnya. Ini bakal ngebantu abis-abisan untuk Kalian UN maupun SBMPTN.

2. Banyak baca bacaan berbahasa Inggris!

Karena Kalian diuji dengan baca, Kalian wajib latihan baca sebanyak mungkin. Bisa jadi komik, novel, koran, atau apapun juga, yang penting bikin otak Kalian terbiasa untuk membaca Bahasa Inggris. Selain itu, coba Kalian mulai sekarang juga browsing internet dengan keyword pake Bahasa Inggris juga dong!

Itu aja nggak cukup. Biasain kaKalian Kalian lagi baca, Kalian renungin nih: apakah Kalian ngerti intisari yang diomongin, apakah ada kalimat yang susah, dst. Coba bereksperimen dengan banyak tema teks. Mungkin aja kaKalian soal politik Kalian jago, tapi kaKalian disuruh baca tentang topik bioKaliangi Kalian langsung nggak ngerti apa-apa. Nanti pas Kalian ujian, temanya bisa macem-macem. Dari politik, sejarah, budaya, sastra, sains, ekonomi, tokoh dunia, dll. Jadi Kalian juga harus mulai banyak baca berbagai topik dalam Bahasa Inggris dari sekarang.

Biasain nggak usah menghafal bentuk teks panjang!

“Saya nggak hafal-hafal nih struktur dari explanation text dan exposition text.” -Kata banyak siswa.

“Kalau review text, nanti paragraf satu akan ngomongin … bla …bla, paragraf kedua akan ngomongin…bla…bla” – Kata banyak siswa sembari menghafal struktur teks

Oops. Misconception dari para siswa nih. Siapa juga yang nyuruh menghafal struktur dari teks? Ingat, menghafal pola/tipe/struktur bacaan adalah salah satu kesalahan umum dalam belajar menghadapi ujian Bahasa Inggris. Jadi sekali lagi, jangan mencoba menghafal struktur teks karena itu adalah cara belajar yang gak tepat, karena sebetulnya kita cukup tahu apa gunanya recount text, discussion, dan seterusnya. Toh yang ditanya dari setiap teks bakalan gitu-gitu aja (baca di atas: informasi umum dan spesifik). Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tipe soal reading yang sering banget keluar di berbagai ujian Bahasa Inggris seperti UN SMK/SMK dan SBMPTN, coba Kalian lihat jenis-jenis tipe soalnya supaya nanti Kalian gak kaget dan mudah-mudahan jadi lebih lancar ngerjainnya.

Contoh deh, kaKalian Kalian ditanya main idea, berarti Kalian harus tahu inti utama yang mau disampaikan si penulis. Kalau Kalian ditanya main idea dari discussion text? Berarti Kalian harus tahu inti utama yang mau disampaikan si penulis tentang diskusi itu. KaKalian Kalian ditanya main idea dari report text? Ya sama aja konsepnya, yaitu inti utamanya. Asalkan Kalian bisa ngerti (ngerti beneran) suatu teks, pasti apa pun jenis teksnya Kalian dengan mudah bisa nentuin main idea, atau lain-lainnya tanpa harus ribet menghafal struktur dari masing-masing teks. Kalau Kalian masih belum paham beberapa jenis teks yang biasanya keluar di UN, Kalian bisa cek di sini:

3. Aim higher: Jangan cuma latihan soal UN.

Kalian wajib latihan soal UN SMK, supaya familiar dengan bentuk soalnya. Buat latihan soal UN, kita udah siapin semua Materi Ujian Nasional SMK di zenius.net Tapi jangan cuma itu aja. Sebagian besar dari Kalian nanti bakalan SBMPTN kan?

Waktu kita semakin sedikit untuk menghadapi semua tantangan di akhir tahun ajaran seperti UN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri. Jadi untuk efisien mengatur waktu, lebih bagus kaKalian kita bisa latihan soal yang bisa menopang tujuan-tujuan lain (misalnya SBMPTN, TOEFL, dst). FYI, soal UN ini tingkat kesulitannya akan lebih rendah dari SBMPTN, SIMAK, maupun TOEFL. Jadi saran dari saya sih, akan jauh lebih bagus kaKalian Kalian justru biasain diri Kalian dengan bentuk soal yang lebih susah seperti soal-soal Bhs Inggris di SBMPTN. KaKalian Kalian bisa sampai pada level latihan soal SBMPTN, Saya yakin banget tingkat soal UN pun kerasa jauh lebih gampang. Buat Kalian yang mau aim higher level, coba deh Kalian pelajari materi SBMPTN Bahasa Inggris di zenius.net juga

Image result for belajar bahasa inggris

Listening dalam UN SMK Bahasa Inggris

Nah untuk tipe soal listening, coba kiat lihat dulu SKL dari pemerintah ngomongnya apa..

Apa yang kita dengar dalam UN?

Biasanya percakapan pendek (bisa formal atau informal) dan monoKaliang.

Apa aja yang ditanya?

Biasanya yang ditanyain adalah intisari & informasi spesifik dari yang diomongin, gimana cara kita merespon percakapan, cari gambar yang sesuai sama percakapan. Pertanyaan intisari tuh kayak yang nanya topik, ide utama, gambaran umum, ataupun kesimpulan. Pertanyaan spesifik tuh kayak apa yang dikatakan si A ke si B, mau ke mana mereka, dst.

Jangan bayangin listening UN kayak Kalian nonton CNN atau BBC news. Yang namanya listening di UN itu bukan hal yang susahnya lebay. Tingkat kesulitannya secara struktur akan lebih rendah dibandingin bagian reading di UN.

Apa yang harus kita persiapkan?

Meski tingkat kesulitan gak tinggi secara struktur, tapi Kalian tetep perlu latihan listening. Jangan sampe budek atau kagok dong pas hari-H. KaKalian saran saya, latihan listening itu bisa dimulai dari nonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Kalau mau challenge, bisa tuh mulai denger-denger news berbahasa Inggris.

Selain itu, Kalian bisa coba latihan dengan lihat-lihat contoh soal listening section/listening comprehension Bahasa Inggris di youtube. Di youtube itu ada banyak banget dan Kalian bisa cepet banget menyesuaikan dengan gaya bahasa dan tipe-tipe soal listening.

Image result for belajar bahasa inggris

Writing Dalam UN SMK Bahasa Inggris

Berikut di bawah ini SKL dari pemerintah untuk tipe soal writing

Soalnya kayak apaan aja?

Nyusun kalimat yang diacak (yang pilihan jawabannya 5 – 2 – 1 – 3 – 4  gitu Kalianh); sama ngisi kalimat rumpang (ditanya tenses, kata hubung, vocab yang tepat). Sebenernya ini agak kurang tepat kaKalian disebut test writing sih, tapi emang kategorinya begitu dari SKL.

Soal kalimat acak itu udah soal bonus lah ya, biasanya paling mudah. Gimana dengan kalimat rumpang? Lagi-lagi saya harus nyaranin eKalian untuk memperkuat kemampuan grammar dan vocab karena ya mau gak mau yang ditanya emang grammar dan vocab sih! Saran saya untuk kalimat rumpang, jangan cuma belajar dari UN. Coba kerjain banyak soal kalimat rumpang yang ada di SIMAK, SPMB, dan UMPTN.

****

Okay, itu tips dari saya buat persiapan belajar UN Bahasa Inggris SMK 2017. Berikut adalah beberapa rekomendasi video zenius yang Saya rekomendasikan untuk kamu tonton untuk mempersiapkan UN Bahasa Inggris 2017. Good luck fellas !

·         Pembahasan soal UN SMK Bahasa Inggris 2006-2015

·         Review pembahasan Grammar (difficulty: easy-medium-hard)

·         Tips dalam mengerjakan soal Reading

·         Jenis-jenis pertanyaan dalam soal Reading

·         Vocabulary Learning

Image result for belajar bahasa inggris

Sumber:

https://www.zenius.net/blog/3054/tips-persiapan-belajar-soal-un-ujian-nasional-sma-bahasa-inggris-2014

Lihat video pembelajaran berikut:

Lihat Permen tentang Permen berikut ini:  Permen tentang Standar Penilaian

Comments 223

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *