Instalasi dan Konfigurasi Remote Server Debian 11 “Bullseye”

Pengertian Remote Server 

Remote server adalah server yang bisa diakses dari jarak jauh. Jadi, meskipun pengguna tidak berada di jaringan LAN yang sama, bisa tetap masuk ke sistem server tersebut.

Server ini bisa saja di letakkan di tempat yang tersembunyi agar tak sembarang diketahui orang. Jadi, lebih menjamin keamanannya. Namun, kita tetap bisa mengaksesnya tanpa tanpa perlu ke lokasi tersebut.

Apakah semua orang bisa mengakses sebuah remote server? Tentu saja tidak. Sebab, untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengetahui IP server, username , dan password untuk login. 

Analoginya seperti ini, bayangkan anda punya komputer server yang jauh dari anda berada, atau mungkin anda bertempat tinggal di indonesia dan anda menyewa server di amerika. pertanyaan yang mendasar adalah bagaimana anda bisa mengendalikan server yang jauh dari anda berada tanpa anda harus memegang fisik? Tentu saja ini dijawab dengan teknologi “Remote Server” yang akan kita pelajari disini.

Dengan melakukan “Remote Server” kita dapat berinteraksi bahkan mengambil kendali server kita yang jauh, Ada banyak cara untuk melakukan remote server. tetapi kali ini kita akan menggunakan layanan SSH untuk melakukan Remote Server.

SSH (Secure Shell)

SSH adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Sama seperti telnet, SSH Client menyediakan User dengan Shell untuk remote ke mesin. Tetapi SSH melakukan enkripsi yang aman antara client dan server.

Mudahnya SSH adalah teknologi yang nantinya bisa kita pakai untuk melakukan Remote Server.

Prasyarat instalasi SSH Server

Untuk melakukan Instalasi SSH Server, beberapa tahapan harus kita lakukan.

  • Konfigurasi IP Address sudah sesuai
  • Sudah terkoneksi dengan internet
  • Penambahan repository sudah benar

Instalasi dan Konfigurasi SSH Server

Baik untuk tahap pertama, pastikan sudah login sebagai user root pada sistem operasi linux debian yang sudah kita install sebelumnya.

Selanjutnya untuk melakukan instalasi layanan remote server, terlebih dahulu lakukan pembaharuan daftar sistem dengan perintah:

Tahap berikutnya adalah, kita akan menginstall SSH atau openssh-server pada Linux Debian kita, Berikut ini adalah perintahnya :

Ketikkan “y” seperti gambar di bawah kemudian tekan “Enter”

Silahkan tunggu beberapa saat, jika sudah selesai hal yang akan kita lakukan adalah, mengecek status dari SSH Server yang sudah kita install, dengan perintah

Jika sudah berhasil, maka akan muncul informasi active (running), dan ada informasi port yang digunakan seperti contoh gambar di bawah

Jika sudah, kita akan melakukan SSH Connection, menggunakan aplikasi Putty, kita bisa download di website resmi nya, https://www.putty.org/

Kemudian pilih sesuai dengan Sistem Operasi windows dari Komputer atau Laptop

Setelah proses download selesai silahkan dibuka file nya (silahkan di ingat dimana menyimpan file hasil download)

Setelahdibuka akan mencul tampilan seperti di bawah ini

Selanjutnya isikan “Host Name (or IP address)” dengan IP address Server debian, untuk port nya biarkan saja “22” serta Connection type nya pilih yang “SSH” seperti contoh gambar di bawah lalu Klik “Open”

Jika muncul tampilan seperti di bawah klik Accept

Berikut ini adalah tampilan awal saat melakukan SSH ke Linux Debian

Saat pertama kali login, kita harus login sebagai User Biasa / bukan root.

Berikut ini adalah tampilan saat kita berhasil  melakukan SSH ke Linux Debian

Jika sudah berhasil login, maka kita bisa login sebagai user root, dengan cara ketik su lalu enter (su artinya super user) kemudian ketikkan password nya

Demikian Tutorial Instalasi dan Konfigurasi SSH Server di debian 11, dengan cara di atas kita bisa me remote komputer server kita dari jarak jauh, semoga bermanfaat. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *