Contoh Pengerjaan Soal UKK SMK RPL Paket 2 Tahun 2023

Contoh Pengerjaan Soal UKK SMK RPL Paket 2 Tahun 2023

Instalasi Laravel 9

Buka menu Quick app di Laragon, lalu pilih menu Laravel 9 yang sudah ditambahkan sebelumnya. Masukkan nama aplikasi yang akan dibuat. Pada contoh ini kita akan menggunakan pelaporan . Nama aplikasi yang kita isikan tersebut nantinya oleh Laragon akan otomatis digunakan sebagai domain name untuk mengakses alamat aplikasi di http://pelaporan.test, serta nama database di MySQL, dan nama project folder di laragon/www.

Isikan nama aplikasi tanpa spasi, sebaiknya menggunakan huruf kecil semua, dan bisa menggunakan tanda dash (-), lalu klik OK.
Saat ada prompt dari Windows UAC semacam ini, pilih Yes karena ini diperlukan untuk membuatkan nama domain baru di hosts file milik Windows.
Jika semuanya berjalan dengan lancar, maka akan ada tampilan progress seperti gambar di atas, dan tidak ada pesan error atau kegagalan, hingga muncul informasi Project path dan Pretty url.

Jika karena suatu hal tidak muncul command prompt, maka Laragon dapat ditutup dahulu melalui menu klik kanan -> Exit, lalu jalankan kembali Laragon. Seharusnya sudah tampil command prompt seperti ini:

Hingga langkah ini, sebenarnya tampilan awal (Welcome Screen) milik Laravel sudah bisa Anda tampilkan dengan mengakses alamat http://nama-aplikasi.test , atau dalam hal ini yang digunakan adalah http://pelaporan.test . Bisa juga kita buka melalui menu klik kanan pada Laragon->www.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *