Gerakan Sekolah Hijau di SMK N 1 Pacitan

images-adiwiyata

Gerakan Sekolah Hijau di SMK N 1 Pacitan

Oleh Ardiani Rahma Riswari

        Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat, bersih, indah, rapi, dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.
SMK N 1 Pacitan telah melaksanakan beberapa program unggulan untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, salah satunya dengan Gerakan Sekolah Hijau. Gerakan Sekolah Hijau adalah gerakan membawa dan menanam berbagai tanaman hias di sekolah. Tujuan Gerakan Sekolah Hijau untuk menciptakan kondisi sekolah asri, indah, sejuk sehingga menghadirkan suasana belajar yang nyaman dan tenang. Gerakan ini dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota sekolah dari kepala sekolah, guru, siswa, hingga karyawan-karyawan. Seluruh anggota sekolah diwajibkan membawa tanaman untuk menghijaukan sekolah.
Tanaman-tanaman yang telah dibawa seluruh anggota sekolah ditanam dalam pot diletakkan di depan ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, perpustakaan, bengkel, dan seluruh ruang kelas. Tanaman-tanaman tersebut ditata rapi, indah, dengan komposisi yang tepat sehingga nyaman dilihat. Siswa diberi kesempatan membuat disain sesuai kretivitas mereka sehingga Gerakan Sekolah Hijau ini sangat didukung siswa. Tanaman dalam polybag ditanam bersama di taman sekolah dalam program kerja bakti sekolah yang sudah ditetapkan jadwalnya. Seluruh anggota sekolah bekerja sama menanam tanaman di taman sekolah dengan desain yang telah dibuat oleh tim adiwiyata.
Gerakan Sekolah Hijau telah berhasil menghadirkan suasana yang nyaman di SMK N 1 Pacitan. Hal tersebut berdampak lingkungan yang nyaman bagi proses pembelajaran sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa SMK N 1 Pacitan.

Comments 165

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *